Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Vol 4, No 1 (2023): JURNAL ILMIAH MATEMATIKA REALISTIK

PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 5 SDN CIPETE 4

Putri Bunga Aulia (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Een Unaenah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Aam Amaliyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang menggunakan pendekatan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eskperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Cipete 4 Tangerang, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 60 siswa yaitu kelas 5 A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal test berdasarkan taksonomi bloom berbentuk esai yang terdiri dari 9 soal yang valid. Hasil uji-t pretest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh p-value 0.764/2= 0.382 0.05. Dengan demikian artinya tidak terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar. Namun pada hasil uji-t postest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh p-value 0. 076/2= 0.038 0.05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar. Dengan demikian maka dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Kelas 5 SDN Cipete 4.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendidikanmatematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik is a scientific journal published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of ...