Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project-based Learning (PjBL) yang terfokus untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menciptakan dan menguji efektivitas produk tertent. Berdasarkan hasil data penelitian hasil analisis validasi ahli materi yang menggunakan instrumen penilaian atau skor 1-4 sesuai dengan interval persentasi skor hasil dan kriteria interprestasi. Dapat diketahui pada histogram gambar 1 bahwa skor hasil validasi ahli secara rinci adalah, untuk aspek materi yang terdiri dari komponen kelengkapan materi, keakuratan materi, dan kemutakhiran materi dan konstekstual mendapatkan hasil rata-rata 3,2; pada aspek sistematika penyajian yang terdiri dari komponen teknik penyajian mendapatkan hasil ratarata 3; pada aspek Bahasa dengan mencangkup komponen komunikatif, dialogis dan intraktif, dan kesesuaian dengan perkembangan peserta didik mendapatkan hasil rata-rata 3,25; dan aspek yang terakhir yaitu aspek konstektual yang mencangkup komponen hakikat konstektual mendapatkan hasil rata-rata 3. Sedangkan pada histogram 2 dapat diketahui bahwa aspek yang divalidasi oleh 2 validator. Validator pertama memberikan nilai untuk kelengkapan materi 3,2 , kemutakhiran materi dan kontekstual 3,3 , dan hakikat kontekstual 3. Validator kedua memberikan nilai untuk kelengkapan materi 3, kemutakhiran materi dan konstektual 3,7 , dan hakikat kontekstual 3.
Copyrights © 2023