ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 5 (2023): Volume 2 Nomor 5. Page: 584

Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Number Head Together Dengan Student Teams Achievement Division

Darma Aris Susandi (Universitas Indraprasta)
Supardi Uki Sajiman (Universitas Indraprasta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam penerapan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Student Teams Achivement Division (STAD) siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Cikupa. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas model STAD dan NHT sebagai variabel bebas, dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes. Teknik analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji validitas korelasi biserial dan uji reliabilitas kuder richardson 20, teknik uji statistik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan uji yang telah dilakukan diperoleh hasil F hitung sebesar 1,608 pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai F tabel 1,704. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakanIndependent sample t-test diperoleh T hitung sebesar 2,660 dengan T tabel sebesar 1,991. Perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan tersebut didukung oleh perbedaan rerata dua sampel penelitian, dimana rerata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran NHT sebesar 69,2 sedangkan rerata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran STAD sebesar 57,1. Saran yang penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah guru dapat memilih model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Matematika sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023