JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 11: Juni 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA TATA SURYA MELALUI DIGITAL MODULE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIC SMP 26 SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Agung Laksono (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Negeri Semarang, kota Semarang)
Siti Suhartini (SMP 26 Semarang, kota Semarang)
Arif Widiyatmoko (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Negeri Semarang, kota Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Mata pelajaran IPA diharapkan dapat melatih peserta didik untuk berpikir ilmiah dan sistematis. Tujuan utama pembelajaran adanya pembelajaran IPA agar peserta didik dapat mempelajari konsep sains yang kemudian dapat diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalah dalam sehari. Hasil ulangan harian peserta didik kelas VIIC SMP 26 Semarang juga menunjukkan masih kategori yang rendah. Nilai rata-rata ulangan harian hanya sebesar 42, yang masih di bawah KKM sejumlah 29 dari 34 peserta didik. Modul memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pendidikan dengan memungkinkan peserta didik untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik lingkungan sosialnya. Utamanya adalah materi tentang Tata Surya yang memerlukan modul belajar dalam bentuk teknologi digital karena memerlukan suatu visualisasi yang konkret. Visualisasi ini tidak hanya berupa gambar dua dimensi saja, akan tetapi perlu dapat berupa gambar tiga dimensi augmented reality dan video ilustrasi. Penerapan digital module pada pembelajaran IPA kelas VIIC SMP 26 Semarang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus 2. Target juga dapat tercapai 95% mencapai KKM dan 5% belum memenuhi KKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...