Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Artikel Populer Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamasa

Jirana Jirana (Unknown)
Syamsiara Nur (Universitas Sulawesi Barat)
Mesra Damayanti (Universitas Sulawesi Barat)
Agus Siswanto Wijaya (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Model Problem Based Learning adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan pemberian masalah yang memiliki hubungan dengan dunia nyata, pembelajaran kelompok, merumuskan masalah, mengidentifikasi perbedaan pengetahuan peserta didik, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning melalui artikel populer terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Mamasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Mamasa yang berjumlah 245 peserta didik yang terbagi menjadi tujuh kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas IPA 2 dengan jumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata post-test peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 73.95 dan rata-rata post-test peserta didik pada kelas kontrol sebesar 69.16. Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 4.545. Dengan demikian, nilai t hitung 4.545 > t tabel 1.688, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning melalui artikel populer literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol di SMA Negeri 1 Mamasa Kabupaten Mamasa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

2

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Library & Information Science Other

Description

J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan ...