JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya)
Vol 7 No 1 (2023): JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya)

Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Terintegrasi 4C sebagai Implementasi Indikator Ketercapaian Utama Kelas Kolaboratif dan Partisipatif

Anggreini Anggreini (Unknown)
Dimas Permadi (Unknown)
Novinta Nurulsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Proses pelaksanaan dan penilaian mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan (MPP) sudah mengikuti program MBKM yang dirancang untuk memenuhi IKU 7. Namun pelaksanaannya dinilai belum optimal untuk Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) MPP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan dan kebutuhan mahasiswa calon guru fisika saat melaksanakan pembelajaran di kelas kolaboratif dan partisipatif. Serta menganalisis materi dan tugas untuk mencapai CPMK MPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan secara online dengan bantuan google form. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sudah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi serta berkolaborasi dalam tugas kelompok, namun baru sebagian kecil yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif jika menyelesaikan suatu permasalahan kasus penelitian pendidikan. Selain itu mahasiswa masih kurang berpartisipasi aktif saat diskusi kelas, dikarenakan kurangnya pemahaman akan materi yang dibahas. Hal ini disebabkan oleh belum tersedianya bahan ajar dan media pembelajaran yang tersusun secara sistematis sesuai dengan CPMK, study kasus yang dibahas bukan contoh penelitian pendidikan. Analisis materi dan tugas yang dikembangkan diperoleh rincian lima bab yang dicapai untuk enam sub-CMPK MPP. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan ini, dosen perlu mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran berupa modul digital yang terintegrasi dengan keterampilan abad-21, yaitu critical thinking, collaboration, creativity, dan communication guna mendukung tercapaikan IKU 7 program MBKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jifp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics (Materials, Computation, and Theory) and education physics (learning media ...