Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2023): Januari

Hubungan Prokrastinasi dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Putu Heny Puspita Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Abstrak Banyaknya tindakan prokrastinasi yang dilakukan siswa serta rendahnya regulasi diri dari seorang siswa dapat memberikan dampak terhadap kurang optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prokrastinasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (2) hubungan regulasi dari terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (3) hubungan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 11 kelas dengan jumlah siswa 243 orang. Jumlah sampel penelitian ini adalah 150 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu non tes berupa angket dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil uji analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,64 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 4%, (2) terdapat hubungan signifikan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 8,36 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 3,4%, (3) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,153 dan Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 6,4%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...