Abstrak Banyaknya tindakan prokrastinasi yang dilakukan siswa serta rendahnya regulasi diri dari seorang siswa dapat memberikan dampak terhadap kurang optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prokrastinasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (2) hubungan regulasi dari terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (3) hubungan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 11 kelas dengan jumlah siswa 243 orang. Jumlah sampel penelitian ini adalah 150 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu non tes berupa angket dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil uji analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,64 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 4%, (2) terdapat hubungan signifikan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 8,36 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 3,4%, (3) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,153 dan Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 6,4%.
Copyrights © 2023