Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 3, No 1 (2023)

Conversational Implicature Found in Junior Highschool Textbook “Think Globally Act Locally”

Muhammad Delfin (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Edward Kemal (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Melvina Melvina (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Conversational Implicature di dalam Conversational Implicature In Junior High School Textbook “Think Globally Act Locally”. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk menganalisa tipe-tipe dan makna tersirat conversational implicature di dalam Textbook “Think Globally Act Locally”. Peneliti memilih Metode dari Sudaryanto sebagai acuan utama untuk meneliti topik ini, yaitu Implikatur percakapan (Conversational Implicature) berdasarkan tipe-tipe dan makna tersirat nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisa implikatur percakapan (Conversational implicature) di dalam Textbook “Think Globally Act Locally”. Desain penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode “identitas pragmatis” atau pencocokkan data beserda tekhnik-tekhniknya. Maka, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan 9 (sembilan) data. Data-data tersebut terdiri dari 7 (tujuh) generalized conversational implicature dan 2 (dua) particularized conversational implicature.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...