ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar mandiri mahasiswa Bahasa Inggris tahun ajaran 2017 melalui e-learning di Universitas PGRI Sumatera Barat. Permasalahan yang terjadi pada para mahasiswa pendidikan jarak jauh di antaranya adalah kurangnya motivasi dan penundaan, gangguan dari teknologi, pekerjaan dan keluarga, juga kecenderungan menggunakan metode reaktif daripada metode proaktif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif dengan menggunakan metode campuran. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan Online Self-Regulated Learning Scale (OSLQ) dan wawancara. Ada 44 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa harus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka tentang bagaimana mengelola dan meningkatkan antusiasme pembelajaran online mereka.Kata kunci : Perilaku belajar mandiri, E-learning, Pendidikan jarak jauh.
Copyrights © 2022