Dari nilai Ujian Akhir Sekolah SMK Negeri di Pesisir Selatan pada tahun 2019/2020 - 2020/2021 bahwa SMK Negeri 1 Sutera mengalami penurunan yaitu pada tahun 2019/2020 sebesar 81,842 sedangkan pada tahun 2020/2021 yaitu sebesar 81,644. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Sutera yang berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 81 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur Fasilitas Belajar bernilai positif sebesar 0,216 dengan nilai thitung sebesar 2.029 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,04 0,05. 2) Percaya Diri Siswa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur Percaya Diri Siswa bernilai positif sebesar 0,252 dengan nilai thitung sebesar 2.366 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,02 0,05. 3) Fasilitas Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur Fasilitas Belajar bernilai positif sebesar 0,363 dengan nilai thitung sebesar 3.678 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,00 0,05. 4) Motivasi Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur Motivasi Belajar bernilai positif sebesar 0,212 dengan nilai thitung sebesar 2.074 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,04 0,05. 5) Percaya Diri Siswa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestaasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur Percaya Diri Siswa berniai positif sebesar 0,216 dengan nilai thitung sebesar 2.169 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,03 0,05.
Copyrights © 2022