Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 2, No 3 (2022)

Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Sutera

Annisa Nur Hasanah (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Indra Mulia Pratama (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Wati Wati (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Dari nilai Ujian Akhir Sekolah SMK Negeri di Pesisir Selatan pada tahun 2019/2020 - 2020/2021 bahwa SMK Negeri 1 Sutera mengalami penurunan yaitu pada tahun 2019/2020 sebesar 81,842 sedangkan pada tahun 2020/2021 yaitu sebesar 81,644. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Sutera yang berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 81 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur  Fasilitas Belajar bernilai positif sebesar 0,216 dengan nilai thitung sebesar 2.029  1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,04  0,05. 2) Percaya Diri Siswa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur  Percaya Diri Siswa bernilai positif sebesar 0,252 dengan nilai thitung sebesar 2.366  1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,02  0,05. 3) Fasilitas Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur  Fasilitas Belajar bernilai positif sebesar 0,363 dengan nilai thitung sebesar 3.678 1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,00  0,05. 4) Motivasi Belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur  Motivasi Belajar bernilai positif sebesar 0,212 dengan nilai thitung sebesar 2.074  1.664  (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,04  0,05. 5) Percaya Diri Siswa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestaasi Belajar Siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koefesien jalur  Percaya Diri Siswa berniai positif sebesar 0,216 dengan nilai thitung sebesar 2.169  1.664 (nilai ttabel) dan nilai signifikan sebesar 0,03  0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...