Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Benda Kongkret

Febriana (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SDN Galeh 2)
Dwi Anggareni Siwi (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Cristina Puji Rahayu (SDN Gentan 02)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan penggunaan media benda kongkret untuk meningkatkan 1). keaktifan belajar IPA siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2020/2021;2). hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pilangsari 1 yang berjumlah 32 siswa,KKM muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu ≥ 75. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data di lakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Indikator penelitian yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah : 1). Keaktifan belajar siswa : Target diharapkan dalam peningkatan kekatifan mencapai 80% siswa mencapai kategori baik. 2). Hasil belajar siswa meningkat minimal 80% siswa mencapai nilai KKM ≥75 pada mata pelajaran IPA.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan Media Benda kongkret dapat meningkatkan keaktifan siswa persentase keaktifan sebelum adanya tindakan atau prasiklus yaitu 39,42% , pada siklus I didapati bahwa keaktifan siswa pada siklus I sebesar 57,08 % , siklus II persentase keaktifan sebesar 80,86%; 2) penggunaan Media Benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yaitu 10 siswa 31%.Siklus 1 sebanyak 23 siswa atau 71,87% dan SiklusII 30siswaatau93,75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...