Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Discovery Learning

Uma Sita Miftakhul Jannah (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SDN Sepat 3)
Krisdianto Hadiprasetyo (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Toni Harsan (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan penerapan model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Pilangsari 1. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 yang berjumlah 39 siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Indikator keberhasilan kinerja dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 75%; 2) Meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu lebih besar sama dengan 75 dan dengan persentase KKM nya 75%. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil penelitian 1) Pada pra siklus persentase motivasi belajar sebesar 41%, kemudian pada siklus I motivasi belajar meningkat sebesar 60%, dan siklus II sebesar 82%; 2) Persentase hasil belajar pada pra siklus sebesar 38%, kemudian pada siklus I sebesar 59%, dan siklus II sebesar 79%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...