Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Penerapan Model Problem-Based Learning Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Purnomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Samsiyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dikarenakan dalam pembelajaran guru lebih dominan menjelaskan dengan metode konvensional. Selain itu dalam penggunaan metode TPACK dan ICT yang belum maksimal sehingga dalam kegiatan pembelajaran masih belum adanya pengunaan media berbasis ICT di sekolah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis liveworksheet. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dianalisa dengan teknik analisa deskriptif . Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V di SDN 1 Tarubatang dengan jumlah peserta didik sebanyak 17. Pada pra siklus diketahui presentase ketuntasan peserta didik sebesar 41,00% dengan nilai rata-rata sejumlah 62,94. Selanjutnya pada siklus 1 meningkat dengan presentase ketuntasan peserta didik sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata sejumlah 70,00. Kemudian pada siklus 2 meningkat dengan presentase ketuntasan peserta didik sebesar 82.35% dengan nilai rata-rata sejumlah 81,18.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...