Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Mita Yuliana (SDN Singopuran 03)
Jamaluddin Ahmad (SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Singopuran 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/ 2022 melalui penerapan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Singopuran 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Singopuran 03. Persentase minat belajar siswa pada pra siklus yaitu sebesar 13,54 %, siklus 1 sebesar 74,25 % kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 88,78 %. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 14,53%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Singopuran 03

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...