Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Zatura untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama

Damar Yusuf Faizal (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Samsiyah (SDN Kleco II)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti pada pembelajaran kelas V SD Negeri 2 Metuk, ditemukan bahwa kemampuan kerjasama masih tergolong rendah. Ada beberapa aspek yang menyebabkan tingkat kerjasama siswa rendah, antara lain (1) adanya pandemic covid 19 menyebabkan pembelajaran daring yang menyebabkan interaksi antar siswa menjadi rendah, (2) model pembelajaran yang belum variatif, (3) siswa lebih banyak diberi konsep untuk dipelajari dan dihafal dibanding menciptakan konsep mereka sendiri. Tingkat kerjasama siswa yang rendah dibuktikan dengan rata-rata skor angket 56, dengan hal tersebut peneliti memecahkan masalah yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dengan penerapan model group investigation berbantaun media zatura pada siswa kelas V SD Negeri 2 Metuk, dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama siswa dengan penerapan model group investigation berbantaun media zatura dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Metuk. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan kemampuan kerjasama IPA dengan menggunakan model group investigation, (2) terjadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...