Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Pengaruh Pengunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Rahmi Yanti (SMP Jabal Nur Jadid)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar media gambar dapat Meningkatkan hasil Belajar peserta didik Pada Materi Teks Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Jabal Nur Jadid Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil antara siklus I dengan siklus II ada perubahan secara signifikan , hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat perbandingan hasil tes siklus I dan siklus II ada peningkatan yang cukup signifikan, baik dilihat dari ketuntasan belajar dari 69,56 % menjadi 100.00 % atau meningkat 30,44 % sedangkan hasil perolehan nilai rata- rata kelas dari 80,00 % menjadi 89,13 % atau meningkat 9,13 %. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa media gambar merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dimana model pembelajaran ini mempermudah pengertian/pemahaman siswa, memperjelas dan memperbesar bagian yang penting yang kecil sehingga dapat diamati, mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak, dan menimbulkan daya tarik pada diri siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...