J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 4, No 2 (2023): JUNI

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING

Wina Nursyamsiatul Fajriah (Universitas Galuh)
Ahyo Ruhyanto (Universitas Galuh)
Tati Heryati (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Rendahnya hasil belajar ini dipegaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan dari penelitian ini:  (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran akhir (posstest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui dokumentasi, observasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dengan kategori sedang. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan kategori rendah. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar menggunakan model pemelajaran kooperatif tipe mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menghasilkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Artinya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...