Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK di Jakarta Selatan melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Sampel penelitian terdiri dari 82 guru yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terdiri dari variabel kepemimpinan, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 20.00 dan analisis path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja guru. Selain itu, motivasi kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi kerja juga berperan sebagai variabel intervening yang memediasi pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan yang baik dan lingkungan kerja yang kondusif dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru.
Copyrights © 2023