Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP, 2) pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP, 3) pengaruh secara simultan dari motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Inferensial. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada mahasiswa penerima KIP memiliki IPK di bawah 3,00. Beberapa faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa diantaranya motivasi belajar dan konsep diri. Dari hasil analisa data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Persamaan regresi Y atas X1 dan X2 diperoleh Y ̂= 19,16+0,022 X, artinya setiap penambahan X1 dan X2 sebesar satu satuan unit maka akan terjadi penambahan variabel Y sebesar 0,022. 2) Besarnya persentase pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 63,4 %. 3) Uji hipotesa diperoleh: a) uji hipotesa X1 terhadap Y diperoleh nilai t - Hit = 4,275 > t - Tab = 1.980 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi akademik, b) X2 terhadap Y diperoleh nilai t - Hit = 4,227 > t - Tab 1,980 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan konsep diri terhadap prestasi akademik, c) uji hipotesa X1 dan X2 terhadap Y diperoleh nilai F - Hit =101,326 > F - Tab = 3,07 sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yaitu terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan konsep diri secara simultan terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP pada Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung.
Copyrights © 2023