Journal Research of Management
Vol. 4 No. 2 (2023): Journal Research of Management (JARMA)

PENGARUH BRAND AWARENESS DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA DI DENPASAR

Mia Aurellia Farica (Fakultas Bisnis dan Pariwisata, Universitas Triatma Mulya)
Saortua Marbun (Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Tokopedia merupakan salah satu dari banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia, untuk konsumen menentukan keputusan pembelian juga banyak hal yang dapat memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan e-service quality terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Denpasar. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria responden yaitu masyarakat di Denpasar yang pernah melakukan transaksi di Tokopedia lebih dari 2 kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang disebarkan menggunakan google form kepada responden sesuai yang ditetapkan di penelitian ini yaitu sebanyak 70 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, dan uji F dengan menggunakan software SPSS 25 for windows. Hasil analisis menunjukkan model regresi Y=2,377 + 0,270 X1 + 0,198 X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Tokopedia di Denpasar dan e-service quality(X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Tokopedia di Denpasar. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil Fhitung =9,027 > F tabel 2,742 yang membuktikan bahwa brand awareness dan e-service quality berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal Research of Management (JARMA) merupakan wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang Ekonomi & Bisnis umumnya dan publikasi penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Triatma Mulya ...