Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat

Sri Septiani (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Indrie Noor Aini (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes sebanyak 5 soal. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas VIII di SMP Al-Mushlih Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan simple random sampling sebagai tektik pengambilan sampelnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes siswa. Teknil analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai terendah siswa adalah 16 dan nilai tertinggi siswa adalah 84, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 48,93. Jika dilihat dari persentase, siswa yang memahami konsep matematis pada materi segitiga dan segiempat sebesar 42,78%. Penilaian siswa dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Dari kategori penilaian tersebut tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat tinggi. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga dan segiempat masih rendah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...