Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 2 No 2 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Aulia Rahmadilla Hanni (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Azharotunnafi Azharotunnafi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

The aims of this study were (1) to determine the effect of limited face-to-face learning on social science learning outcomes for VII grade students at MTs Ar Rofiqy Bogor, (2) to determine the effect of limited face-to-face learning on social science learning motivation of VII grade students at MTs Ar Rofiqy, (3) to determine the effect of learning motivation on social science learning outcomes for VII grade students at MTs Ar Rofiqy Bogor, and (4) to determine the effect of limited face-to-face learning on learning outcomes in terms of students’ social science learning motivation. The sample used in this study were all students of class VII at MTs Ar Rofiqy Bogor, totaling 90 students. The data collection technique used a questionnaire on the limited face-to face learning variables and learning motivation; while the learning outcomes variable uses the end of semester assessment documentation. Data analysis in this study used path analysis. The results showed that (1) there was no significant effect on limited face-to-face learning on the social sciences learning outcomes of class VII students at MTs Ar Rofiqy Bogor, (2) there was a significant effect on limited face-to face learning on the students’ motivation to learn social sciences of class VII students at MTs Ar Rofiqy Bogor, (3) there is a significant effect on learning motivation on learning outcomes in social sciences for class VII students at MTs Ar Rofiqy Bogor, and (4) there is a significant effect on limited face-to-face learning on learning outcomes in terms of learning motivation social sciences for class VII students at MTs Ar Rofiqy Bogor. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, dan (4) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket pada variabel pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar; sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi penilaian akhir semester. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh signifikan pada pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, (2) ada pengaruh signifikan pada pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, (3) ada pengaruh signifikan pada motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor, dan (4) ada pengaruh signifikan pada pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di MTs Ar Rofiqy Bogor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dsjpips

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan jurnal berkala ilmiah yang mempublikasikan artikel hasil penelitian tugas akhir mahasiswa di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), ...