Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V pada materi Organ Gerak Manusia setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning di SD Negeri 48 Kota Lubuklinggau. Permasalahan penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPA setelah di terapkan model pembelajaran Quantum Learning di kelas V pada materi Organ Gerak Manusia di SD Negeri 48 Kota Lubuklinggau signifikan tuntas?. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas V SD Negeri 48 Kota Lubuklinggau yang berjumlah 62 siswa dan sebagai sampelnya kelas V.2 yang jumlah siswa nya 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 48 Kota Lubuklinggau setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model quantum learning secara signifikan tuntas. Hal ini sesuai dengan hasil uji-t nilai post-test pada taraf signifikan , diperoleh , rata-rata hasil belajar IPA siswa setelah penerapan model pembelajaran Quantum Learning sebesar 86,25 dan persentase jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar mencapai 92,86%.
Copyrights © 2023