Borobudur Educational Review
Vol 3 No 1 (2023)

Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V

Rina Widianingrum (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Agrissto Bintang Aji Pradana (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Septiyati Purwandari (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Kristen 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian dipilih secara Non Random Sampling model total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kristen 2 Magelang dengan jumlah 9 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Uji validitas instrumen tes dilakukan oleh expert judgment dengan rumus pearson dan dengan bantuan IMB SPSS 20. Uji Reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha dengan bantuan IMB SPSS 20. Selain itu peneliti menggunakan uji tingkat kesukaran dan tingkat daya pembeda. Analisis data menggunakan teknik statistic non-parametic yaitu uji Wilcoxon Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai tes post-test dengan skor 79,00 yang lebih besar dibandingkan dengan hasil rata-rata nilai tes pre-test dengan skor 50,11. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Wilcoxon Test yang menunjukkan sebesar -2,887 dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...