Kurikulum dijadikan sebagai acuan dan wadah dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum Merdeka pada dasarnya berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat bertindak sebagai mediator, fasilitator, dan motivator yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa untuk menggapai hasil yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diuraikan secara deskriptif melalui penelitian kepustakaan. Data pada penelitian ini bersumber dari artikel, buku, dan penelitian terdahulu yang selaras dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan lebih berfokus pada kebutuhan peserta didik serta berorientasi pada Proyek Profil Pelajar Pancasila. Pengimplementasian kurikulum merdeka belajar berdampak positif dalam mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Copyrights © 2023