JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER/UKM DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Derry Nugraha (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)
Joko Joko (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)
Fatra Syahlan (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler/UKM dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi. Penelitian ini meruapakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian asosiatif. Populasi dala penelitian ini adalah 140 mahasiswa yang mengikuti ekstrakurikuler/UKM, dengan sampel sebanyak 104 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, skala yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler/UKM terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,446 > 0,5, dengan perolehan nilai t hitung sebesar 0,764 < t tabel 1,986. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,039 > 0,5, dengan perolehan nilai t hitung sebesar 2.091 > t tabel 1,986. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler/UKM dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji f diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05, dengan perolehan nilai F hitung sebesar 4,049 > F tabel 3,086.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...