cover
Contact Name
Aslam
Contact Email
aslam@uhamka.ac.id
Phone
+6282186310996
Journal Mail Official
Wahyu@iblam.ac.id
Editorial Address
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Djati Jl. Dewi Sartika No. 316 A Kelurahan Cawang Kecamatan Kramat Jati, 13630 Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
ISSN : 27211339     EISSN : 2774616x     DOI : 10.55943
Core Subject : Education,
JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dengan open akses dimana Abstrak dan teks penuh yang telah dipublikasikan di website dapat dibaca dan di download secara gratis. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati adalah Publikasi Ilmiah yang direview oleh pakar yang berpengalaman sesuai bidang keahlian dengan abstrak dalam bahasa inggris dan indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI SEKOLAH KREATIF DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH 4 Tanti Destiyanti
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.754 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i1.3

Abstract

Tulisan ini menyajikan tentang peran pelajaran sekolah kreatif terhadap siswa. Sekolah kreatif adalah pilar terpenting pendidikan karakter. Karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari jiwa yang tertanam keberagaman pada anak-anak. Karenanya sekolah kreatif menjadi salah satu karakter pendukung. Kreativitas siswa diajarkan untuk mengekspresikan sesuatu yang dianggap sebagai bentuk eksplorasi potensi yang dilihat dari karakter seorang siswa. Karena itu tujuan utama sekolah kreatif ini adalah untuk membantu siswa menyiapkan karakter kreatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi secara intensif di lingkungan Perguruan Muhammadiyah 4.
PELAYANAN PENGASUHAN ANAK BALITA DI PANTI ASUHAN BAYI SEHAT DI KOTA BANDUNG Zaka Mubarok; Marjan Miharja
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.913 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang Pelayanan Pengasuhan Anak Balita di Panti Asuhan Bayi Sehat di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan gambaran yang jelas mengenai pelayanan pengasuhan yang diberikan kepada anak balita sesuai dengan Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menggambarkan tentang Pelayanan Pengasuhan Anak Balita di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Bandung. Jumlah informan ada 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memahami, mengetahui, melaksanakan, dan memberikan pelayanan pengasuhan anak balita sesuai dengan Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA). Dengan mencakup 5 aspek yakni standar pendekatan awal dan penerimaan rujukan, standar pelayanan pengasuhan oleh lembaga kesejahteraan social anak, standar pelayanan berbasis kesejahteraan sosial anak, standar pelaksana pengasuhan dan standar kelembagaan
PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X -1 SMA MUHAMMADIYAH 4 JAKARTA Rudi Baharudin
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.342 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i1.5

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, metode drill dengan berbagai bentuknya dapat membantu siswa untuk lebih mudah belajar mata pelajaran PAI khususnya untuk materi yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Hal ini terbukti dengan kelancaran, kefasihan siswa membaca lafadz-lafadz tersebut, menulis dan menghafalnya. Bahkan proses kegiatan belajar siswa dapat lebih efisien.Pelaksanaan metode drill dalam rangka untuk menghadapi kesulitan belajar siswa dilakukan setiap kali proses kegiatan belajar mengajar. Tidak bergantung pada bahasan materi pendidikan agama saja, tetapi pada pokok bahasan yang lain pun dilakukan pemberian drill dengan menampilkan dalil-dalil yang berkaitan dengan bahasan tersebut. Bentuk drill yang mereka peroleh adalah dengan membaca lafadz-lafadz arab dan menulisnya, bahkan untuk lebih efektif diberikan kepada mereka tugas-tugas rumah seperti menyalin lafadz-lafadz tersebut di buku lain dengan tulisan yang lebih baik. Kemudian untuk hafalan dilakukan prakatek didepan kelas pada pertemuan selanjutnya begitu seterusnya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS X MIPA I SEMESTER GANJIL SMA MUHAMMADIYAH 4 JAKARTA Ari Surfyanto Siddik
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.215 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i1.6

Abstract

Pada ulangan harian matematika 1 di kelas X MIPA I SMA Muhammadiyah 4 Jakarta pada pokok bahasan eksponen dan logaritma dari 36 siswa yang mengikuti ulangan belum ada siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas di kelas tersebut. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dan pertidaksamaan linier serta Matriks.Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan ini adalah “melalui pendekatan scientific berbasis lembar aktivitas siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA I semester ganjil SMA Muhammadiyah 4 Jakarta”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan ha-hal sebagai berikut: (1) dari 36 siswa belum ada siswa yang mencapai KKM. Pada hasil belajar matematika, persentase pencapaian KKM siswa, yaitu meningkat, persentase hasil pengamatan aktivitas siswa di kelas pun meningkat sekaligus performa guru di kelas.Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran melalui pendekatan scientific berbasis lembar aktivitas siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dan pertidaksamaan linier serta Matriks kelas X MIPA I semester ganjil SMA Muhammadiyah 4 Jakarta.
STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Winda Yulfamita Rahman
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.231 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i1.7

Abstract

Strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) merupakan suatu proses pembelajaran holistik yang bertujuan agar peserta didik dapat memahami bahan ajar secara bermakna yang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata, baik berkaitan dengan lingkungan pribadi, agama, sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diaplikasikan dan ditransfer dari satu konteks permasalahan yang satu ke permasalahan lainnya. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekadar mendengarkan dan mencatat, tetapi belajar adalah proses berpengalaman secara langsung. Melalui proses berpengalaman itu, diharapkan perkembangan peserta didik terjadi secara utuh yang tidak hanya berkembang dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek afektif dan juga psikomotor. Belajar melalui CTL diharapkan peserta didik dapat menemukan sendiri materi yang dipelajari.
COMMUNICATION BETWEEN PERSONAL TEACHERS WITH CLASS 5 STUDENTS AT SDN PETAMBURAN 01 MORNING IN MOTIVATING LEARNING Rezki Kurniawan
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.184 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i2.8

Abstract

The background of this research is the phenomena that make students become lazy to learn because the factors affecting today's modern era. For it was in need of interpersonal communication research teachers with students in motivating learning. The theory used is Interpersonal communication theory, motivating theory, and group communication theory. The method of this research is to use a descriptive qualitative. Data collection techniques by conducting structured interviews and observations. The purpose of this research is to find out how the teacher role in order for students to be open in learning and how can teachers motivate students in stimulating learning. Summary of the research is now pretty good teachers motivate students while in the classroom.
A SEMIOTIC ANALYSIS OF THE MESSAGE BEHIND THE INDIGENOUS FOODS IN THE TRADITIONAL TOBA BATAK MARRIAGE PROCESSION: THE INDIGENOUS MEAT OF PORK AND THE GOLD FISH Regina Abigail Jade Calista; Handayani Hajar Aswati
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.479 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i2.9

Abstract

The research, aims to find out what meaning is contained in the customary food ritual of Pork and Gold Fish in the traditional Toba Batak marriage procession. This research uses qualitative research method of semiotics by using the main theory, that is Charles Sanders Pierce theory. Data collection is done by observation, direct interview with resource person, and literature study. From the results of this study it can be concluded that several meanings are contained in customary food of pork and goldfish according to the analysis of signs, objects, interpretations, and categories of signs in the form of icons, indices and symbols. The meanings that can be drawn from the traditional foods are a) The head (ulu) is made into 3 parts: 1) right upper jaw (na marngingi parsiamun), 2) upper left jaw (na marngingi parhambirang), 3) lower jaw (osang), b) tail (ihur-ihur), C) the circle of the neck (aliang-aliang), d) the circular backs to the ribs (eastern), e) the groin (soit), and goldfish (dekke mas) according to the division in Dalihan na tolu.
THE EFFECT OF GOAL ORIENTATION DAN SELF EFFICACY ON ACADEMIC ACHIEVMENT Bebi Sanusi Sanusi
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.499 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i2.10

Abstract

Academic achievement is a person's competence related to the realm of knowledge (Algarabel & Daci, 2001) and can be indicated by students' Grade Point Average (GPA) or student performance on their learning tasks (Bryant, 2012). Dweck and Elliot (1983) stated that achievement is an indicator of competence. Poor student academic achievement is a picture of the poor competence of Indonesian education, it is an urgent problem that must be immediately found a solution. The level of academic progress or academic failure is a criterion for the effectiveness of the education system, so research on various variables that effectively affect academic outcomes is urgently needed (Koshnam, Gamari & Gendavani, 2013). From the results of this study, the magnitude of the influence of mastery goal orientation on learning achievement is 4.4% with sig. = 0.001. It can be stated that the influence of mastery goal orientation is significant. The magnitude of the effect of performance goal orientation on learning achievement is 2.3% with sig. = 0.012. This can be stated the significant influence of performance goal orientation. Only these two variables affect student learning outcomes.
THE PUBLIC RELATION COMMUNICATION STRATEGY OF THE MINISTRY OF AGRARIAN AND SPATIAL/THE NATIONAL LAND AGENCY IN SOCIALIZ PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIK LENGKAP (PTSL) Soraya Nurida; Raka Sapto Arianda
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.729 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i2.11

Abstract

The low registration and certification of land became one of the principal issues to be dealt with by the Ministry of Agrarian and Spatial/National Land Agency (ATR/BPN) in improving the medium-term national development assisted with the existence of a Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). The role of public relations in making communication strategy for this program in order to socialize and to be understood by the community is very important. This research aims to know the communication strategy of public relations in disseminating and know what obstacles occurred in running the program. The methods used in this research is descriptive qualitative with in-depth Interview as a method of gathering data and information. Based on the results of this research it can be concluded that the communication strategy used Ministry of ATR/BPN in disseminating PTSL is by using social media, websites and the surrender of the certificate directly by the President and assisted by regional offices (REGIONAL OFFICE) to assist in disseminating PTSL program. Barriers experienced by a lack of human resources and costs in disseminating these programs. However, it was not to be a hindrance in the running of program PTSL.
BURIAL PROTOCOL DURING COVID-19 PANDEMIC; COMPARATIVE STUDY AMONG ISLAMIC LAW, STATE LAW AND OTHER COUNTIRES REGULATIONS Hotmaria Hertawaty Sijabat
Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati
Publisher : Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.178 KB) | DOI: 10.55943/jipmukjt.v1i2.12

Abstract

Burial process during Covid-19 Pandemic has become a debate. Though nowadays, the debate has been reduced, writer felt the need to conduct research on burial process during Covid-19 Pandemic from different perspective, such as Islamic law, state law and from other countries regulations. The research is a normative legal research using secondary data and qualitative analysis. Secondary data consisted of primary legal sources in forms of regulations, secondary legal sources in forms of expert opinions, and tertiary legal sources that support the primary and secondary legal sources. Finding and analysis proved that in principle the burial process and procedure during Covid-19 Pandemic are relatively the same, that the protocol is made with one purpose to prevent further infection of Covid-19.