JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)

STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK AMANAH PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH ISTIQLAL MANADO

Nurjana Rumengan (Universitas Sam Ratulangi)
Agus S. Soegoto (Unknown)
Hendra N. Tawas (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Setiap perusahaan tentunya harus memiliki strategi pemasaran yang harus dijalankan dalam melakukan kegiatan bisnisnya agar dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian kendaraan di perusahaan mereka. Bagi organisasi bisnis, strategi dimaksudkan untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis perusahaan dibandingkan para pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen. salah satu bentuk strategi bisnis adalah strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dari PT.Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado dalam meningkatkan penjualan produk amanah dengan menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi perusahaan berada pada kuadran I yang berarti strategi perusahaan bersifat Agresif dengan begitu didapatlah strategi yang cocok untuk produk pembiayaan amanah yaitu: strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk dalam perusahaan meningkatkan penjualan produk amanah.   Kata Kunci: strategi pemasaran, strategi, analisis SWOT

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...