Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD)
Vol 4 No 1 (2023): JPMD

Optimalisasi Peran TPA Dalam Membangun Generasi Rabbani Di Kadipiro Jumapolo Karanganyar Tahun 2023

Indah Nurhidayati (Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta)
Arif Effendi (Institut Mamba’ul Ulum Surakarta)
Dita Cahya Apriliya (Institut Mamba’ul Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada masyarakat khususnya pada orangtua akan pendidikan Islam kepada anaknya dan anak-anak untuk selalu belajar agama agar tidak terpengaruh ke hal-hal yang tidak baik sebagai pembentuk karakter Islami dan menjadikan generasi Rabbani. Sasaran pengabdian adalah para santri TPA di desa Kadipiro. Anak-anak/ Santri TPA mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi keislaman sehingga bisa menjadikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari menjadi perilaku yang terpuji sesuai dengan harapan masyarakat pada umumnya menjadi generasi Rabbani. Serta orangtua menjadi perhatian akan pendidikan kepada anak-anaknya terutama Pendidikan Islam. Hasil kegiatan pengabdian memberikan gambaran bahwa santri TPA di Desa Kadipiro banyak anak-anak yang memiliki potensi namun karena kurangnya fasilitas dan jauh dari kota maka potensi anak kurang berkembang dan maksimal. Anak-anak usia sekolah yang orangtuanya mampu beberapa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi namun banyak juga yang karena keterbatasan ekonomi sehingga generasi selanjutnya untuk bekerja. Pekerjaan masyarakat yang mayoritas petani menjadikannya kurang paham hal pendidikan namun untuk masalah agama sudah cukup peduli dan berkembang. Oleh karena perlu melakukan inovasi dalam kegiatan TPA untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPMD

Publisher

Subject

Environmental Science Nursing Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), published by LP3M IAIFA Kediri. Its a tri-annual refereed journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on ...