Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mendeskripsikan kesulitan belajar pada materi bangun datar, (2)mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi bangun datar, (3) mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan materi bangun datar dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan sumber data yang diambil adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak. Penentuan subjek menggunakan cara puposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri Pontianak yaitu kesulitan memahami konsep, prinsip dan bahasa matematika (2) faktor penyebab kesullitan belajar yaitu faktor internal yaitu sikap siswa, motivasi belajar dan kemampuan penginderaan, sedangkan faktor eksternal yaitu media pembelajaran dan lingkungan keluarga.Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Bangun Datar
Copyrights © 2023