Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi awal masa yang harus diberikan pendampingan secara benar agar tidak menimbulkan hal yang fatal dikemudian hari. Dewasa ini didapatkan permasalahan dalam pembelajaran PAUD yakni rendahnya kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif ini berpengaruh terhadap kemampuan afektif dan psikomotoriknya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran puzzle sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menyelesaikan masalah. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengamatan, pengumpulan data, dan analisis. Peneliti berpatisipasi aktif dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara analisis fenomenologi. Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan puzzle mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menyelesaikan masalah. Puzzle dapat digunakan sebagai inovasi dalam meningkatkan kecerdasan anak usia dini dalam memecahkan masalah.
Copyrights © 2023