PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains
Vol. 2 No. 2 (2023): Juni Jurnal Perisai

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Fahya Annisatun* (Universitas Islam Nusantara)
Fifi Fusfita (Universitas Islam Nusantara)
Usep Kosasih (Universitas Islam Nusantara)
Anisa Umi Kulsum (Universitas Islam Nusantara)
Marsela Devanka (Universitas Islam Nusantara)
Rianti Cahyani (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa. Kajian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika dan self-efficacy. Problem-Based Learning (PBL) diterapkan sebagai solusi membantu siswa dalam pembelajaran matematika memahami konten, menganalisis konsep, merencanakan strategi perhitungan, dan menyimpulkan dengan tepat dalam memecahkan masalah. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi-eksperimental dan desain penelitian Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control-Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Tegalwaru, Kota Purwakarta pada tahun akademik 2022/2023. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes deskripsi untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner untuk mengukur self-efficacy siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif berupa uji statistik.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Problem-based learning (PBL) meningkat, sehingga berpotensi mampu mengatasi rendahnya beripir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

perisai

Publisher

Subject

Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal “PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains” menerima naskah untuk dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat luas, baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat pada umumnya sehingga pada ranah kelimuan dapat dikonsumsi secara luas pula. Naskah publikasi yang diterima berdasarkan ...