SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Vol 7 No 1 (2021): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi

Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa MI At-Taubah

Ifit Merli Trijayanti (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri)
Hardiyan (Universitas Bina Sarana Informatika)
Mia Rosmiati (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Mata pelajaran atau ilmu yang berkaitan dengan alam semesta seperti Pengenalan Tata Surya memang sulit dimengerti oleh para siswa di Sekolah Dasar karena jarang dijumpai di kehidupan sehari-hari. Dalam dunia pendidikan saat ini khususnya di Sekolah Dasar materi pelajaran semakin banyak dan berkembang sehingga membutuhkan adanya suatu program pembelajaran yang Interaktif dan Komunikatif. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa melakukan inovasi terhadap cara penyampaian materi terutama materi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu cara yang cukup efektif dalam melakukan pembelajaran mengenai tata surya adalah dengan menggunakan media pembelajara berupa animasi interaktif. Salah satu perangkat lunak yang mendukung dalam pembuatan Animasi Interaktif adalah Adobe Flash Profesional CS6 dan Adobe Photoshop CS5. Tujuan dari pembuatan Animasi Tata Surya ini adalah sebagai sarana informasi bagi siswa Sekolah Dasar untuk mengenal Tata Surya yang terdapat di alam semesta ini sehingga siswa Sekolah Dasar lebih tertarik dalam proses belajar. Animasi yang diterapkan merupakan gabungan dari komponen-komponen berupa gambar, suara dan teks. Metode yang digunakan dalam pembuatan animasi interaktif ini adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Evaluation).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

satin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk artikel penelitian, studi literatur dan artikel dalam bentuk konsep dan kebijakan dalam bidang komputer pada umumnya : Security and Networking Computing Theory and Computational Model E-Learning, E-Business, E-Government, ...