Klabat Journal of Management
Vol 2 No 1 (2021): Klabat Journal of Management

MODEL STRUKTURAL BRAND LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION: STUDI KASUS SPBU PERTAMINA DI MANADO

Yeane Koyongian (ASMI Klabat)
Ronny Walean (Pascasarjana, Universitas Klabat)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model struktural yang digunakan dalam menjelaskan pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek. Ada tiga variabel eksogen yaitu citra perusahaan, kualitas layanan dan nilai yang dirasakan. Dua variabel endogen adalah loyalitas merek dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah survei cross-sectional terhadap 284 responden yang menggunakan pemodelan persamaan struktural dua langkah dengan estimasi kemungkinan maksimum. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 21. Hasil penelitian menemukan bahwa citra perusahaan, kualitas layanan dan nilai yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra perusahaan, kualitas layanan, nilai yang dipersepsi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Uji Sobel menemukan bahwa variabel kepuasan pelanggan mampu memediasi kualitas layanan, citra perusahaan, dan nilai yang dipersepsikan terhadap loyalitas merek. Kata kunci: Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Loyalitas Merek, Nilai Persepsi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Klabat Journal of Management (KJM) offers a wide-ranging and widespread analysis of all surfaces of management and science. Published two times per year, it delivers an emphasis on universal proficiency in the vital methods, techniques, and areas of research; presents an opportunity for its readers ...