LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 13 No. 2 (2023): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

PENERAPAN METODE NATURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII

Salsabella Wawa Anasya (Unknown)
Warni Warni (Universitas Jambi)
Andiopenta Purba (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan menunjukkanrendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi dan juga kurangnyakreativitas guru dalam meilih metode pembelejaran yang efektif untukmengajarkan keterampilan dalam menulis puisi pada siswa. Penelitianini bertujuan untuk melihat bagaimana keefektifan penerapan metodeNature Learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIISMPN 41 Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitukualitatif, subjek penelitian dilaksanakan pada satu kelas VIII SMPN 41Tebo. Hasil dari penelitian sesudah penerapan metode Nature Learningdalam pembelajaran menulis puisi sesuai data yang didapatkan dilapangan terdapat pengaruh yang signifikan, kemampuan siswa di kelasVIII A menjadi lebih baik, siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif.Keefektifan itu ditunjukan juga dengan hasil belajar 3 siswa predikatsangat baik, 11 siswa predikat baik, 2 lainnya predikat cukup dan ratarata nilai keseluruhan yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukan bahwadi penerapan metode Nature Learning dapat digunakan atau efektifdalam pembelajaran menulis puisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...