Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan menunjukkanrendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi dan juga kurangnyakreativitas guru dalam meilih metode pembelejaran yang efektif untukmengajarkan keterampilan dalam menulis puisi pada siswa. Penelitianini bertujuan untuk melihat bagaimana keefektifan penerapan metodeNature Learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIISMPN 41 Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitukualitatif, subjek penelitian dilaksanakan pada satu kelas VIII SMPN 41Tebo. Hasil dari penelitian sesudah penerapan metode Nature Learningdalam pembelajaran menulis puisi sesuai data yang didapatkan dilapangan terdapat pengaruh yang signifikan, kemampuan siswa di kelasVIII A menjadi lebih baik, siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif.Keefektifan itu ditunjukan juga dengan hasil belajar 3 siswa predikatsangat baik, 11 siswa predikat baik, 2 lainnya predikat cukup dan ratarata nilai keseluruhan yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukan bahwadi penerapan metode Nature Learning dapat digunakan atau efektifdalam pembelajaran menulis puisi.
Copyrights © 2023