Di era sekarang ini pelatihan otomotif adalah sesuatu yang paling dicari oleh masyarakat karena hal tersebut sudah menjamur di berbagai daerah, mengingat tingginya penggunaan kendaraan bermotor yang secara langsung membutuhkan sumber daya manusia dalam bidang service kendaraan bermotor. Hadirnya pusat pelatihan kerja menjadi jembatan bagi individu yang ingin memiliki keterampilan di bidang otomotif. Dalam pelaksanaannya, peran instruktur sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program pelatihan. Seperti tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Kompetensi Instruktur Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan Otomotif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam peneltian ini adalah 120 orang dengan sampel sebanyak 92 dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tejnik observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Terdapat pengrauh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kepribadian instruktur terhadap kecakapan vokasional peserta pelatihan otomotif. Hal ini dibuktikan dari taraf signifikansi dari t tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk nilai R dalam kategori kuat, positif dan signifikansi dalam pengaruh kompetensi instruktur terhadap kecakapan vokasional peserta pelatihan otomotif.
Copyrights © 2023