Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial
Vol 6, No 2 (2022)

Pemanfaatan Media Instagram sebagai Alat Diseminasi Informasi Kegiatan Ekonomi Kreatif di Kota Palembang

Stefani Anindita Waraningtyas (Universitas Padjadjaran)
Dadang Sugiana (Universitas Padjadjaran)
Wawan Setiawan (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

AbstrakMedia sosial menjadi alat penyebaran informasi yang dapat menjangkau masyarakat dimanapun dan kapanpun. Media sosial Instagram saat ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mengunggah dan berbagi foto kepada pengguna lainnya namun kini Instagram mampu menyebarkan informasi sehingga memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Kota Palembang yang mendapatkan Penghargaan Kota Kreatif pada tahun 2019 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan Ekonomi Kreatif di Kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai alat diseminasi informasi kegiatan ekonomi kreatif di Kota Palembang dengan metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Instagram bermanfaat dnegan baik dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti Instagram Story dan Reels dalam menyebarkan informasi tentang kegiatan ekonomi kreatif di Kota Palembang ditunjukkan dengan keterlibatan pelaku ekonomi kreatif pada salah satu kegiatan ekonomi kreatif yaitu Beli Kreatif dan kenaikan omset para pelaku ekonomi kreatif setelah mengikuti kegiatan tersebut yang menjadi bukti adanya perolehan informasi bagi masyarakat Kota Palembang berkaitan dengan kegiatan ekonomi kreatif. AbstractSocial media is a means of disseminating information that can reach people anywhere and anytime. Instagram social media currently not only functions as a place to upload and share photos with other users, but now Instagram is able to disseminate the information so as to meet the information needs of its users. This was utilized by the City of Palembang, which received the Creative City Award in 2019 from the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia, to disseminate information related to Creative Economy activities in Palembang City. The purpose of this study was to determine the use of Instagram as a means of disseminating information on creative economic activities in the city of Palembang using descriptive research methods with a qualitative approach. The results of the study show that Instagram media is useful and makes use of existing features such as Instagram Stories and Reels in disseminating information about creative economic activities in the city of Palembang as indicated by the involvement of creative economy actors in one of the creative economic activities, namely Creative Buying and increasing the turnover of the creative economy actors after participating in these activities which is evidence of obtaining information for the people of Palembang City related to Creative Economic activities.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKOLOGI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial merupakan jurnal di bawah pengelolaan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera ...