cover
Contact Name
Rizky Saputra
Contact Email
rizkysaputra01b@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
komunikologi@uinsu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial
ISSN : 25287583     EISSN : 26218267     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial merupakan jurnal di bawah pengelolaan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Arjuna Subject : -
Articles 93 Documents
URGENSI BAHASA ARAB; BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI AGAMA ISLAM Akhiril Pane
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v2i1.5452

Abstract

Bahasa Arab, dapat diartikan sebagai bahasa yang awalnya berasal, tumbuh, dan dikembangkan di negara-negara Arab di kawasan Timur Tengah. Di satu sisi, bahasa Arab adalah bahasa agama, bahasa persatuan bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam bahasa inilah Al-Qur'an kitab suci Muslim diturunkan, dan dengan itu pula Nabi Muhammad S.A.W melakukan tugas pelayanannya kepada umat manusia. Namun, perkembangan selanjutnya telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa internasional dan juga bahasa Inggris yang terkenal, jadi selain tujuan keagamaan Arab, bahasa ini juga dapat digunakan sebagai media komunikasi reguler dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia.Bahasa Arab adalah bahasa yang tidak bisa dipisahkan dari Islam. Bahasa ini sering juga disebut sebagai bahasa Islam. Selain itu, bahasa ini juga dikatakan sebagai bahasa Alquran, karena Alquran ditulis dengan bahasa tersebut. Bahasa Arab sekarang digunakan sebagai bahasa resmi Liga Dunia Islam (Rabithah Alam Islam!), Dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang terdiri dari 45 negara Islam atau negara yang mayoritas Muslim. Namun, itu tidak berarti bahwa bahasa Arab hanya digunakan oleh umat Islam. Seperti diketahui bahwa wilayah Urubah, wilayah yang meliputi 21 negara Arab yang meliputi Arab Afrika, Asia Arab, dan Teluk Arab milik Liga Arab dan bahasa resmi Arab, tidak semuanya memeluk Islam. Bahasa Arab sekarang juga merupakan bahasa resmi kelima PBB sejak 1973. Selain itu, bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa resmi Organisasi Persatuan Afrika, OPA.Dengan demikian, bahasa Arab adalah bahasa internasional yang digunakan oleh berbagai negara di dunia. Selain itu, bahasa Arab juga merupakan bahasa ilmu yang dipelajari tidak hanya oleh umat Islam. jika dihitung jumlah negara yang menggunakan dan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi (bahasa nasional), niscaya akan diketahui seberapa luas Timur Tengah. Dapat disebutkan, antara lain bahasa Arab adalah bahasa resmi di: Arab Saudi, Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Mesir, Sudan, Libanon, Suriah, Yordania, Irak, dan Uni Emirat Arab.Bahasa Arab tidak dapat dipisahkan dengan Islam karena sumber hukum Islam adalah Alquran dan al-hadis, yang keduanya berbahasa Arab. Praktek doa, baik doa wajib maupun sunat, juga harus dilakukan dalam bahasa Arab. Doa tidak sah jika dilakukan dalam bahasa lain, bukan bahasa Arab. Lebih jauh lagi, harus ditunjukkan bahwa meskipun doa-doa dalam Islam dapat dilakukan dalam bahasa selain bahasa Arab, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar doa juga dilakukan dalam bahasa Arab.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS II MIS ALKHAIRAT DELITUA hasni suciwati
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v3i1.5055

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami di dalam membaca permulaan Bahasa Indonesia yang dapat mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui media kartu kata yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia siswa di kelas II MIS Alkhairat Delitua. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar MIS Alkhairat yang menjadi subyek siswa kelas dua yang berjumlah 38 siswa, sekaligus menjadi objeknya adalah untuk Meningkatkan kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II MIS Alkhairat Delitua. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji dan observasi yang telah divalidasi oleh validator.Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan selama 2 jam pelajaran. Dari hasil yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 68,67 dan 80,27. Implementasi pembelajaran diukur melalui kegiatan lembar observasi guru dan aktivitas siswa dan masing-masing mencakup kedua kategori tersebut. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan melalui penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi membaca permulaan bahasa Indonesia di Kelas II MIS Alkhairat Delitua.
PERANAN KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN PERTANIAN UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PELAKU KEGIATAN PERTANIAN Maya Sari
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v2i1.5460

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian perasaan, pendapat, pemikiran, ide / ide seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai distributor. Komunikasi sangat penting untuk dibangun antara penyuluh pertanian dan pelaku usaha pertanian untuk mendapatkan solusi dari masalah yang terjadi. Kurangnya kegiatan penyuluhan pertanian mengakibatkan petani tidak terbiasa dan antusiasme yang sangat rendah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Diharapkan dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan penyuluhan ini, para petani dapat berkomunikasi dengan baik dengan para penyuluh, dapat mendiskusikan dan menanggapi semua informasi yang diberikan oleh para penyuluh.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Eka Oksani Harahap
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v3i1.5314

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kemampuan membaca siswa ada mata pelajaran Bahasa Iandonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Bagaimana  hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Apakah ada hubungan kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 4 Mei 2018.Populasi seluruh siswa IV SD Negeri 067690 Medan Johor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 25 siswa. Alat Pengumpulan data yang digunakan Memberi siswa test bacaan. Sedangkan nilai belajar siswa diambil dari wali kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor. Hasil penelitian menyimpulan bahwa rata-rata hasil test kemampuan membaca diperoleh (80,4). Rata-rata Nilai hasil belajar siswa yang di peroleh siswa Kelas IV (79,68). Hasil yang diproleh dari koefisien korelasi sebesar 0,955 atau 9,55% dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05. Hasil dari 15,5 sedangkan 2,07. lebih besar dari pada sehingga ditolak diterima. Sehingga Adanya Hubungan Antara Kemampuan Membaca Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.
MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN juwita tindaon
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v2i2.2940

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV MIS Al-Khairat Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model kooperatif Tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Dari 30 Siswa yang mendapat hasil belajar tuntas secara individu adalah 19 orang dengan persentase 63,33% dan tidak tuntas 11 orang dengan persentase 36,67% dapat dikatakan belum tuntas secara klasikal dan rata-rata hasil belajarnya pada siklus I adalah 67,42. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data dari 30 siswa hasil belajar siswa meningkat yaitu 26 siswa tuntas dengan persentase 86,67% dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13,33% maka dapat dinyatakan tuntas secara klasikal karena kriteria ketuntasan klasikal ≥85%. Hasil pengujian dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL Maxtulus Junedy Nababan
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v1i2.5468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PQ4R DI KELAS V SD NEGERI 067952 TITI KUNING MEDAN Hasni Suciwati
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v2i1.5456

Abstract

Penelitian ini adalah strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebut strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketelitian dan rata-rata hasil belajar siswa, serta peningkatan kemampuan siswa yang signifikan setelah menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian ini adalah Titi Kuning 067952 SD Negeri Medan. Hal ini didasari oleh rendahnya tingkat melek huruf dan kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067952 Medan Titi Kuning yang berjumlah 27 orang, dan objeknya adalah penggunaan strategi pengajaran PQ4R dalam Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes lapangan dan lembar observasi. Berdasarkan analisis yang telah dipelajari diperoleh peningkatan hasil siklus I dari 74,07 menjadi 85,19 pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 80,00 dan 67,78 menjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa setelah menggunakan strategi PQ4R.
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA Dian Arisetya
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v3i1.5084

Abstract

Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart terhadap hasil belajar biologi siswa SMP kelas VIII pada materi sistem rangka manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan metoda eksperimen, dimana dalam hal ini desain eksperimen menggunakan non equivalen control group design merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran flip chart, sedangkan kelompok kontrol (konvensional) tanpa menggunakan media pembelajaran flip chart.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Abdi Karya Talapeta Deli Serdang. Populasi atau sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart  dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Hal ini dibuktikan dengan hasil posttest siswa yang menggunakan media pembelajaran flip chart (eksperimen) dengan nilai 81,32 dengan standar deviasi 121,71, dan kelas kontrol (konvensional) dengan nilai posttest 62,24 dengan standar deviasi 122,45. Hal ini menandakan adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart terhadap hasil belajar biologi siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar dengan media pembelajaran flip chart menekankan keterlibatan siswa untuk berpikir secara kritis dan analistis untuk mencari dan menentukan sendiri inti dari materi pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajari.
STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PELAJARAN IPA SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA) rinci simbolon simbolon
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v2i1.5461

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Rangka Manusia dan fungsinya di kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN No 14 Simbolon Purba Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2017. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru siklus I dengan persentase 60% dengan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas pelaksanaan pembelajaran pada siswa dengan nilai 58% dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebanyak 12 orang siswa persentase (60%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa persentase (40%). Pada siklus II hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru dengan persentase 80% dengan kategori baik dan observasi aktivitas pembelajaran pada siswa dengan persentase 80% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II  sebanyak 18 orang siswa  dengan persentase (90%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang  siswa dengan persentase (10%).Berdasarkan hasil analisis dapat  disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar  menggunakan Media Pembelajaran pada pelajaran IPA materi Rangka manusia dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba Tahun Ajaran 2017/2018.
URGENSI KOMUNIKASI DALAM KELUARGA UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH Akhiril Pane
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/komunikologi.v3i1.5320

Abstract

Komunikasi adalah penyampaian informasi, ide, emosi, keterampilan dan sebagainya. Keluarga adalah institusi pertama dan utama yang dikenal oleh anak-anak. Ini karena orang tua adalah yang pertama diketahui dan diterima oleh pendidikan mereka, dan dalam keluarga anak pertama kali mereka berintegrasi dengan anggota keluarga mereka. Pendidikan keluarga adalah dasar dari pendidikan anak selanjutnya. Di sinilah pentingnya komunikasi yang baik karena anak seperti kertas putih yang tidak memiliki noda sehingga orang tua adalah yang pertama memberi pola pada anak. Dengan komunikasi yang baik, anak-anak cenderung mencatat dengan baik dan sebaliknya.

Page 1 of 10 | Total Record : 93