Pembelajaran yang dilakukan guru belum optimal dalam meningkatkan keterampilan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi melalui penerapan model pembelajaran ERP (Engange, Research, Present). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2022/2023 semester genap. Subyek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 23 Semarang. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes keterampilan komunikasi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Adapun tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ERP dapat meningkatkan keterampilan komunikasi yang ditunjukkan dengan peningkatan presentase nilai rata-rata keterampilan komunikasi. Presentase nilai rata-rata keterampilan komunikasi pada prasiklus sebesar 58,84 % dengan kategori kurang baik meningkat pada siklus I sebesar dengan presentase 71,09 % kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II sebesar dengan presentase 81,09% kategori sangat baik. Model pembelajaran ERP dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.
Copyrights © 2023