Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 8 No. 1 (2023): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

SIKAP SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACING DAN GROUP INVESTIGATION

Ika Sriyanti (Universitas Mandiri)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik sikap siswa terhadap belajar matematika dengan metode pembelajaran  Quantum Teaching dan  Group Investigation.  Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 18 pernyataan model pebelajaran Group Investigation.dan 12 pernyataan model pembelajaran Quantum Teaching. Populasi yang diambil di SMA negeri 1 Jalan Cagak sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas IX IPA. Angket disusun dengan menggunakan Skala Likert dengan tujuan untuk mengetahui setiap indikator baik model pembelajaran  Quantum Teaching dan  Group Investigation. Berdasarkan hasil perhitungan skala likert tiap indikator  maka indikator pernyataan model pembelajaran  Group Investigation menyatakan bahwa sikap siswa terhadap minat dalam pembelajaran  Group Investigation  memiliki skor rata-rata 3,5. Sikap siswa yang menunjukan pendapat terhadap pembelajaran Group Investigation memiliki rata-rata 3,1. Sedangkan sikap siswa terhadap manfaat pembelajaran Group Investigation  memiliki skor rata-rata 3,5. Secara keseluruhan skor rata rata indikator Pembelajaran  Group Investigation lebih besar batas minimal 3,00 hal ini memunjukan sikap positif . Sedangkan dilihat dari hasil skala liker indikator pembelajaran Quantum Teaching menyatakan bahwa sikap siswa terhadap minat pembelajaran  Quantum Teaching  memiliki skor rata rata 2,6 sedangkan sikap siswa terhadap manfaat pembelajaran  Quantum Teaching  memiliki skor rata rata 2,8. Secara keseluruhan skor rata rata kurang dari 3,00 hal ini menunjukan sikap negatif. Sehingga dapat disimpulkan ternyata model pembelajaran Group Investigation dilihat hasil skor rata rata  lebih baik bila dibandingkan dengan hasil skor rata rata Quantum Teaching.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...