Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dalam pembelajaran matematika di SMKN 2 Kotamobagu semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian.ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan siswa kelas XI sebagai objek penelitian. Kelas menyukai topik yang pada dasarnya berhubungan dengan pembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dengan 22 pernyataan pada empat indikator keefektifan pembelajaran. Teknik analisis data adalah analisis statistika deskriptif dengan menggunakan rumus persentase menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika Online yang diterapkan di SMKN 2 Kotamobagu termasuk dalam kategori efektif. Hal ini tercermin dari empat indikator keefektifan e-learning pada mata pelajaran matematika, dimana. Kualitas Pembelajaran, Kesesuaian Jenjang Pembelajaran, Insentif dan Waktu sebanyak 76,625% pada kategori Efektif.
Copyrights © 2023