Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis brain based learning untuk kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Padangsidimpuan yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Diperlukan kemampuan komunikasi matematis untuk dapat memudahkan siswa dalam mempelajari matematika dari kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis brain based learning umtuk kemampuan komunikasi matematis siswa yang valid pada tingkat smp kelas VIII pada materi probabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran (Dissiminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas LKS dan RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa validasi yang dilakukan oleh dua orang dosen pendidikan matematika sebagai validator dari ahli media dan bahasa, dan satu orang guru matematika SMP sebagai validator materi. Kemudian angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan dan soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Uji coba dilakukan terhadap 25 orang siswa untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran dinayatakan valid dan LKS dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kepada siswa tersebut, yang dimana validasi ahli media mendapat rata-rata 93,75% kategori sangat valid, ahli bahasa mendapat rata-rata 88,75% kategori valid, ahli materi mendapat rata-rata 88,75% kategori valid. Kemudian hasil presentase angket respon siswa mendapatkan nilai 83,36% dengan kategori praktis. Dan hasil keefektifan diperoleh nilai 82 dengan kategori sangat efektif.
Copyrights © 2023