Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA TERHADAP PENERAPAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI BEBERAPA SEKOLAH FAVORIT BANDA ACEH

Rosmani Rosmani (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa terhadap penerapan KTSP dan kurikulum 2013. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei. Populasi  yaitu 3 sekolah favorit di Banda Aceh yaitu SMA 10 Fajar Harapan, SMA Negeri 3 dan SMA LAB School. Pemilihan sampel secara purposive sampling didapat 2 kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 masing-masing SMA. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket tanggapan siswa terhadap kurikulum 2013. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil belajar kimia KTSP dengan kurikulum 2013 yaitu lebih besar nilai hasil belajar kimia dengan penerapan kurikulum 2013 dari pada hasil belajar dengan penerapan KTSP yaitu SMA 10 Fajar Harapan sebesar thit=7,33ttabel=1,72 untuk XI-IPA 1 dan XI-2 yaitu thit=6,46ttabel=1,72, SMA LAB School XI-IPA 1 sebesar thit=6,84ttabel=1,70, IPA 2 thit=6,61ttabel=1,70 dan SMA 3 XI-IPA 1 sebesar thit=6,80ttabel=1,69 dan XI-IPA 2 yaitu thit=8,84ttabel=0,62, sedangkan angket siswa yang menjawab positif 50%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...