Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 8, No 1 (2020): APRIL 2020

Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota

Bowo Sugiharto (Universitas Sebelas Maret)
Elma Rosalia Malinda (Universitas Sebelas Maret)
Haifa Azizzah (Universitas Sebelas Maret)
Jonanda Fattah Anugerah (Universitas Sebelas Maret)
Maulika Junia Mustika Rani (Universitas Sebelas Maret)
Nur Rochmah Candra Padmi (Universitas Sebelas Maret)
Nurul Alifah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Kesadaran metakognisi adalah kesadaran pada kemampuan berpikir untuk mengendalikan proses kognitif yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu jangkauan informasiĀ  di lingkungan pendidikan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognisi siswa SMA di lingkungan desa dan kota. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang merupakan instrumen tes yang berisi 52 item yang dibagi menjadi dua bagian yaitu pengetahuan kognisi (knowledge of cognition) dan pengaturan kognisi (regulation of cognition). Penelitian dilakukan di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar sebagai representasi SMA di desa dan SMA Negeri 5 Surakarta sebagai representasi SMA di kota. Teknik pengambilan sampel diambil dengan random sampling dari 30 siswa di masing-masing sekolah dari total populasi keseluruhan 150 siswa pada tiap sekolah. Analisis data menggunakan uji kruskal wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara SMA di desa dengan kota pada indikator pengetahuan deklaratif, prosedural, kondisional, perencanaan, pemantauan, debugging, dan evaluasi dan perbedaan yang signifikan hanya ditunjukan pada indikator manajemen informasi metakognisi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...