Norma sosiomatematik merupakan suatu norma yang menyatakan kecerdasan sosial yang dimiliki oleh setiap peserta didik dan sangat mudah untuk dikembangkan. Hal ini karena norma sosiomatematika berkaitan dengan kegiatan interaksi dan negosiasi antar setiap individu yang satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadari bagaimana analisis aspek norma sosiomatematik berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tiga subjek penelitian diambil dari 30 peserta didik yang telah mengerjakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Selanjutnya, subjek diambil berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwasannya peserta didik yang memperoleh kategori tinggi saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya tinggi pula yaitu dengan 80 skor, peserta didik dengan kategori sedang saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya sedang pula yaitu dengan 72 skor, dan peserta didik yang termasuk kategori rendah hasil angketnya juga rendah dengan 70 skor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasannya setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang tinggi dikarenakan peserta didik dapat memenuhi semua indikator norma sosiomatematik, kemudian setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang pun memiliki aspek norma sosiomatematik yang sedang dikarenakan peserta didik hanya menangkup 3 indikator dari 5 indikator yang ada dan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang rendah pula dikarenakan hanyamemenuhi 2 indikator dari 5 indikator yang ada
Copyrights © 2023