Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 23 No 2 (2023)

DISCO GAME BERBANTUAN CONGKLAK TERHADAP PENINGKATAN KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SD DI DESA KEMANTRAN

Ali Rosyidi (Universitas Terbuka)
Zaenuri Mastur (Universitas Terbuka)
Endang Wahyuningrum (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitaian ini adalah 1) menganalisis keefektifan model pembelajaran disco game berbantuan congklak terhadap peningkatan pemahaman konsep pembagian siswa; dan 2) menganalisis penerapan model pembelajaran disco game berbantuan congklak terhadap peningkatan  pemahaman konsep pembagian  ditinjau dari  kerja sama siswa. Teknik pengambilan sample dengan cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas II tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan disco game berbantuan media congklak dan kelas kontrol menerapkan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, dan tes. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan hasil untuk one sample t test, independent sample t – test, dan paired t test mendapatkan nilai p value masing-masing  0.000, 0,001, dan 0,000. Dengan demikian disco game berbantuan media congklak lebih efektif dalam meningkatkan kerja sama dan pemahaman pembagian daripada strategi pembelajaran ekspositori.Kata kunci : disco game, media congklak, pembagian. ABSTRACTThe purposes of this study were 1) to analyze the effectiveness of the congklak-assisted disco game learning model towards increasing students' understanding of the concept of division; and 2) analyzing the application of the congklak-assisted disco game learning model to increase understanding of the concept of division in terms of student cooperation. Sampling technique used cluster random sampling. This type of research is a quasi-experimental (quasi-experimental). This research was conducted on class II students for the 2022/2023 academic year with a total of 25 students in the experimental class and 28 students in the control class. The experimental class applies the disco game with the help of congklak media and the control class applies the expository method. The instruments used in the study were observation sheets and tests. Data collection was carried out by means of observation, tests and documentation. Data analysis used quantitative descriptive. The results showed that the results for the one sample t-test, independent sample t–test, and paired t-test obtained p values of 0.000, 0.001 and 0.000 respectively. Thus the disco game assisted by congklak media is more effective in increasing cooperation and understanding of division than the expository method.Keywords: disco game, congklak media, division

Copyrights © 2023