Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 1: Juni 2023

Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika

Patricia Mardiana Silangen (Universitas Negeri Manado)
Aufa Maulida Fitrianingrum (Universitas Negeri Manado)
Ferry Lourens Sampel Korompis (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Manajemen pembelajaran yang baik akan menentukan baik buruknya pembelajaran. Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, diperlukan manajemen yang baik yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran kolaboratif dan partisipatif merupakan filsafat pembelajaran yang memudahkan para siswa bekerjasama, saling membina, belajar dan berubah serta maju bersama harus dapat berjalan dengan baik sehingga manajemen pembelajaran dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran kolaboratif dan partisipatif pada mata kuliah termodinamika dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi (mix method) data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan flow model (kumpul, reduksi, display, verifikasi). Hasil Penelitian diperoleh bahwa penggunaan manajemen pembelajaran efektif dalam perkuliahan termodinamika materi hukum-hukum termodinamika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...