Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan
Vol 6, No 1 (2023): JUNE

PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL DI KOTA TASIKMALAYA

Reyhan Qatrunada Usulu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Balebat Dwi Adisubagja (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dhea Febrianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Azizah Azhar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Adi Prehanto (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Nuryadin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Literasi digital yang semakin berkembang melalui teknologi informasi dapat memudahkan dan memfasilitasi para UMK dalam melatih skill pada usahanya. Hal tersebut memberikan dampak positif pada perubahan UMK di Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya merupakan kota industri kreatif yang telah berkembang melalui teknologi digital. Teknologi digital yang memiliki banyak jenis penerapan pada kota industri dapat memperkuat persaingan pada tiap usaha. Salah satu penerapan yang sering digunakan oleh kota industri kreatif adalah strategi pemasaran digital. Strategi ini mampu mengubah gaya hidup para usaha di Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak UMKĀ  yang telah menerapkan pemasaran digital danĀ  mengetahui seberapa pengaruh kemudahan teknologi dalam pengembangan usaha. Metode pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dan ditafsirkan dalam bentuk penjelasan hasil dan pembahasan yang didapatkan. Populasi yang didapatkan berdomisili di Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 4 responden. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, para UMK merasakan dampak positif seperti pengurangan biaya dan meluasnya jangkauan konsumen dari penggunaan pemasaran digital pada usaha, namun masih banyak juga yang belum memanfaatkan media sosial tersebut secara maksimal dikarenakan kekurangan SDM yang mengurusi sosial media dan kurangnya ilmu yang dimiliki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kewirausahaan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal accepts articles based on research and also community service about entrepreneurship with various fields such as Application and game development, product design, fashion, film, video animation, handicrafts, culinary, music, performing arts, fine arts and television / ...