Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Siklus Belajar Tri Pramana Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Bermuatan Kearifan Lokal Di MI Nahdlatul Ulama'

Muhammad Hifdil Islam (Universitas islam zainul Hasan Genggong)
Choerul Anwar Badruttamam (Universitas islam zainul Hasan Genggong,)
Siti Nur Kholishah (Universitas Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah guna meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan siklus belajar Tri Pramana bermuatan kearifan lokal. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi MI Nahdlatul Ulama' yang berjumlah 21 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan deskriptif kualitatif. Pembelajaran siklus Tri pramana diharapkan mampu berimplikasi dan memberikan pengaruh yang baik pada peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya di kelas V IT MI Nahdlatul Ulama'. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang diperoleh siswa dari siklus I dengan presentase 79,5% pada kategori baik, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 87,8 % pada kategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...