Jurnal Rekayasa Proses
Vol 17, No 1 (2023)

Efisiensi air di gas conditioning tower untuk mengurangi kadar SO2 pada emisi industri semen

Osvaldo Zulbedia Sitohang (PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Bandung, Palimanan, Kec. Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, 45161, Indonesia)
Suryana Suryana (PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Bandung, Palimanan, Kec. Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, 45161, Indonesia)
Erna Listianingrum (PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Bandung, Palimanan, Kec. Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, 45161, Indonesia)
Lisendra Marbelia (Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Kampus UGM, Yogyakarta, 55281, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Industri kimia dan juga termasuk di dalamnya, industri semen, menghadapi tantangan untuk dapat terus melakukan perbaikan proses untuk melakukan efisiensi sumber daya dan meminimalkan beban pencemaran ke lingkungan. Salah satu hal yang penting di industri semen adalah kandungan SO2 pada emisinya. Kandungan emisi ditentukan oleh proses pengolahan gas, yang dilakukan dengan penyemprotan air di gas conditioning tower (GCT) dan bag filter sebelum dikeluarkan ke lingkungan melalui cerobong. Di sisi lain, konsumsi air di GCT merupakan salah satu titik penggunaan air yang tertinggi di industri semen. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi penggunaan air di GCT dengan menggunakan seven tools mulai dari analisis masalah hingga pembuatan usulan standard operating procedure (SOP) baru. Dari analisis ini didapatkan bahwa tergantung pada kadar SO2 dan SO3 di emisi dan bahan baku, maka dapat dilakukan pengendalian temperatur inlet bag filter yang selanjutnya akan mengendalikan volum air di GCT. Hasil pengembangan/inovasi ini menunjukkan bahwa SOP baru dapat menghemat air di GCT secara signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrekpros

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Rekayasa Proses (J. Rek. Pros) is an open-access journal published by Chemical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada as scientific journal to accommodate current topics related to chemical and biochemical process exploration and optimization which covers ...